Rabu, 24 Mei 2017

pesona goa jomblang

Gua Jomblang merupakan satu dari ratusan kompleks gua Gunungkidul yang terkenal karena keunikan dan keindahan tak terbantahkan. Terletak dalam jarak perbukitan karst pesisir selatan membentang dari Gombong, Jawa Tengah; Dalam kawasan karst pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur, Gua Jomblang pernah digunakan sebagai Amazing Race Amerika menembak tempat di 2011. Gua vertikal ini jenis collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi subsidence tanah dan vegetasi di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Ini runtuh bentuk lubang pembuangan atau baik dengan luas mulut gua sekitar 50 meter persegi. Dalam bahasa Jawa dikenal sebagai luweng, sampai gua ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.
GUA JOMBLANG

Cahaya hutan purba dan surga di perut bumi
Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
0811 117 010
Lihat peta
Gua Jomblang merupakan gua vertikal dengan hutan purba yang bertemu di bagian bawah. Lorong panjang 300m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah akan membawa Anda ke Gua Grubug, tempat di mana Anda dapat melihat cahaya surga.
Menulis tinjauan
Diperbarui pada 1/21/2016
Tiket Paket Wisata
Rp 450.000 / orang
Buka setiap hari
10 pm - 2 pm
Gua Jomblang merupakan satu dari ratusan kompleks gua Gunungkidul yang terkenal karena keunikan dan keindahan tak terbantahkan. Terletak dalam jarak perbukitan karst pesisir selatan membentang dari Gombong, Jawa Tengah; Dalam kawasan karst pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur, Gua Jomblang pernah digunakan sebagai Amazing Race Amerika menembak tempat di 2011. Gua vertikal ini jenis collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi subsidence tanah dan vegetasi di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Ini runtuh bentuk lubang pembuangan atau baik dengan luas mulut gua sekitar 50 meter persegi. Dalam bahasa Jawa dikenal sebagai luweng, sampai gua ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.
Bersama-sama dengan rekan-rekan gua dari Jomblang Resort, YogYES juga mencoba untuk caving di gua yang eksotik ini. Untuk memasuki Gua Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal teknik (SRT). Oleh karena itu, siapa pun yang ingin caving di Jomblang harus menggunakan peralatan khusus sesuai dengan standar keselamatan caving di gua vertikal dan harus didampingi oleh pelacak berpengalaman gua. Sebelum memulai pencarian, panduan dipasangkan SRT set di tubuh sambil menjelaskan nama dan fungsi masing-masing. SRT set terdiri dari seat harness, harness dada, ascender / croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang dan pendek cowstail. Selain SRT set, YogYES juga harus memakai peralatan lain seperti coverall, sepatu bot, helm, dan headlamp.
Setelah semua peralatan yang terhubung dengan badan sempurna, petualangan ke kedalaman perut bumi dimulai. YogYES dan gua dari Jomblang Resort meninggalkan basecamp bibir gua yang sudah disiapkan sebagai lintasan. Ada beberapa trek di Gua Jomblang dengan ketinggian beragam mulai 40 hingga 80 meter. Karena YogYES baru pertama turun gua vertikal, jalan yang dipilih adalah jalan terpendek yang dikenal sebagai jalur VIP.
Perjalanan 15 meter pertama dari teras VIP adalah lereng yang masih akan berjalan di kaki. Setelah itu terus turun tali sepanjang kira-kira 20 meter untuk mencapai bagian bawah gua. Rasa was-was yang telah menetap sementara mengambang di udara mulai menghilang sebagai kaki saya kembali di tanah. Kekhawatiran saya hancur ketika melihat tampilan di bagian bawah gua yang mengundang klik kagum. Jika di atas sejauh mata hanya akan melihat perbukitan karst dan jati yang meranggas, kemudian di perut Gua Jomblang terletak antara pemandangan hijau dari hutan sangat subur. Berbagai Lumut, pakis, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh erat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dari kondisi di atas sering dikenal dengan nama hutan purba. Karena proses tanah runtuh ke bawah, vegetasi ini terus hidup dan berkembang biak hingga saat ini.
Cari YogYES tidak berhenti di Jomblang, tetapi terus Luweng Grubung dengan memasukkan masuk (mulut gua) yang sangat besar. Jomblang & Grubug dihubungkan dengan sebuah lorong sepanjang 300 meter. Ornamen-ornamen indah seperti batu kristal, stalaktit dan stalagmit yang indah juga menghiasi lorong ini. Tidak lama setelah suara deras dan cahaya terang di tengah kegelapan. YogYES juga mempercepat kecepatan, penasaran untuk melihat apa yang ada di depan kita.
Sebuah karya yang menakjubkan pencipta terpampang sebelum. Sungai bawah tanah yang masih satu sistem dengan Kalisuci mengalir cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar